June 21, 2024

Pati, Universitas Safin Pati (USP)menyelenggarakan Workshop Metode Pembelajaran bagi seluruh dosen di lingkungan USP, di ruang seminar lantai 2, Selasa (22/8/2023). Hadir sebagai pembicara dalam workshop yaitu wakil Rektor I USP Bapak Ir. Masruki Kabib, M.T.

 Wakil Rektor I USP Ir. Masruki Kabib menyampaikan, tujuan diselenggarakannya workshop ini adalah untuk menunjang dan meningkatkan kegiatan akademis di lingkungan Universitas Safin Pati, secara spesifik yaitu meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar melalui variasi metode pembelajaran oleh dosen-dosen.

“Selain itu, kegiatan ini juga untuk meningkatkan kompetensi para dosen USP dalam mengajar. Kompetensi meliputi kognitif, psikomotorik dan afektif,” katanya.

Ia menyampaikan dengan metode pembelajaran yang bervariasi akan mengurangi tingkat kejenuhan mahasiswa saat kuliah dan juga dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi mahasiswa saat di kelas sehingga materi kuliah dapat diserap secara optimal oleh mahasiswa.

“Kegiatan workshop ini diselenggarakan agar USP dapat memberikan pelayanan yang maksimal bagi mahasiswa dalam hal kualitas pembelajaran yang dilaksanakan untuk mahasiswa,” jelas Kabib.

Kabib menambahkan melalui kegiatan workshop para peserta (dosen) diharapkan memiliki kemampuan di antaranya; menjelaskan landasan Pendidikan tinggi, melaksanakan komunikasi dalam pembelajaran, memilih motode pembelajaran yang sesuai, menyusun rencana pembelajaran semester, menyusun capaian pembelajaran mata kuliah,  memilih dan mengembangkan media pembelajaran, melaksanakan pembelajaran SCL dan memberikan penilaian pembelajaran SCL. (HUMAS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *