June 21, 2024

Pati, Universitas Safin Pati (USP) menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).Penandatanganan MoU dilakukan oleh Rektor USP Dr. Drs. H. Murtono, M.Pd. dan Penjabat Bupati Kabupaten Pati Henggar Budi Anggoro, S.T.,M.T disaksikan oleh ketua Pembina Yayasan Safin Bina Bangsa H. Saiful Arifin, S.E., Kamis (14/9/2023).

Rektor Universitas Safin Dr. Murtono mengatakan, kerjasama ini tidak terlepas dari upaya dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian pada masyarakat. Melalui kerjasama ini, diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan khususnya terhadap USP dan masyarakat Kabupaten Pati.

“Saat ini kami sudah melakukan MoU dengan empat desa binaan di antaranya Desa Bageng, Desa Guyangan, Desa Kertomulyo, dan Desa Jrahi. Alhamdulillah hari ini dengan Pemkab Pati yang kelima,” kata Murtono.

Murtono melanjutkan, Universitas Safin Pati saat ini memiliki sekitar 800 mahasiswa yang berasal dari 5 fakultas dan 16 program studi (prodi).

“Untuk tahun akademik 2023-2024 kami memberikan beasiswa penuh sampai lulus ke sebanyak 70 mahasiswa. Kami prioritaskan mereka yang asli dari Pati,,” ungkapnya.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Safin Bina Bangsa H. Saiful Arifin, S.E. menyampaikan Universitas Safin Pati merupakan satu-satunya perguruan tinggi dengan status universitas yang ada di Kabupaten Pati. Ia menyakini dengan hadirnya USP akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Semoga setelah penandatanganan MoU antara Universitas Safin Pati dengan Pemkab Pati ke depan akan terjalin kerjasama yang baik. USP akan mengembangkan konsep sporty, healthy & enterpreneur,” harapnya.

Keberadaan USP, lanjut Arifin bisa menarik para calon mahasiswa lokal Pati untuk berkuliah di kampung halaman. Khususnya yang ingin melanjutkan kuliah di perguruan tinggi swasta. “Kalau sama-sama kuliah di perguruan tinggi swasta, ya mending kuliah di sini saja. Tidak ada living cost karena dekat dari rumah,” ungkapnya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Pati Henggar Budi Anggoro menyambut baik kerjsama yang terjalin antara Pemkab Pati dengan Universitas Safin Pati. Ia mendorong agar dilakukan pengembangan ilmu dan teknologi yang sudah diaplikasikan di masyarakat oleh Universitas Safin Pati.

“Pembangunan harus terus dilaksanakan Pemerintah demi kesejahteraan masyarakat dan dalam mewujudkan tujuan tersebut partisipasi kalangan akademisi (USP) sangat penting. Diharapkan kerjasama ini dapat menjadi tonggak dalam aksi-aksi nyata pembangunan yang dilaksanakan di Kabupaten Pati,” tuturnya.(humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *