Fakultas Ilmu Komputer Universitas Safin Pati

PATI, Stand Universitas Safin Pati diserbu ratusan pengunjung pameran kampus (expo campus) yang digelar oleh Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling SMA/SMK/MA SE Kabupaten Pati, Selasa pagi (5/12/2023). Pameran kampus yang digelar di Hotel Pati berlangsung selama dua hari, Selasa-Rabu (5-6/12/2023).

“Tadi acaranya mulai pembukaan sekitar jam 08.30 dan pengunjung mulai masuk ke stand sekitar jam 09.30 WIB. Kunjungan ramai sejak tadi pagi dan banyak siswa-siswi yang antusias mengisi daftar hadir dan bertanya-tanya terkait Universitas Safin Pati,” kata dosen Pendidikan Jasmani (Penjas) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Safin Pati, Muhammad Nurul Akbar Adiyatama, S.Or.,M.Or.

Dari pantauan tim kanalmuria, Selasa siang (05/12/2023) pengunjung yang mengisi daftar hadir di stand nomer 36 yaitu Universitas Safin Pati mencapai 500 pengunjung. Mereka antusias untuk mencari informasi seputar perkuliahan di kampus yang berlokasi di Kecamatan Trangkil itu.

Salah satu pengunjung, Sinta Wulansari mengaku tertarik untuk mengunjungi stand Universitas Safin Pati. Ia mengaku berencana untuk mendaftar kuliah.

“Saya dan teman-teman tertarik dengan USP. Insyaallah rencana mendaftar di jurusan Administrasi Niaga,” ungkap siswi kelas 12 IPA asal SMA Negeri Jakenan tersebut.

Ketua MGBK Wahid Hidayat Ali mengatakan, pameran kampus (expo campus) itu sudah berjalan sejak 5 tahun terakhir ini, meski sempat berlangsung secara virtual seiring mewabahnya pandemic covid-19.

“Ini sebagai wahana untuk memfasilitasi kalangan kampus dengan siswa-siswi, di mana tujuan kami memudahkan anak didik dalam mengakses informasi dari perguruan tinggi. Minimal mereka memiliki referensi terkait perguruan tinggi, sehingga pada saatnya kuliah nanti mereka tidak kebingunan, tapi sesuai dengan bakat dan minatnya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah III Jawa Tengah, Deyas Yani Setyawan mengatakan, melalui pameran kampus ini, para peserta didik khususnya yang duduk di kelas 12, bisa menentukan pilihannya untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau perguruan tinggi sesuai bakat minat dan kompetensi yang dimiliki. Baik itu perguruan tinggi negeri, swasta maupun kedinasan.

“Jadi saya harapkan, ini momenya bisa dimanfaatkan betul oleh mereka (khususnya kelas 12 SMA/SMK/MA supaya kedepan mereka menjadi generasi penerus yang benar-benar bisa mewujudkan cita-cita bangsa ini. Pameran kampus atau Expo Campus Musyawarah Guru Bimbingan dan Konseling (MGBK) SMA/SMK/MA se Kabupaten Pati itu, mendapatkan sambutan positif dari 65 perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta, dan perguruan tinggi kedinaskan di Jateng, DIY, Jabar dan Jatim.(Imam/Al)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *