Dosen USP Dorong Pemanfaatan Aplikasi Mendeley untuk Peningkatan Kualitas Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-guru di Pati


Pati,Penyusunan daftar pustaka merupakan bagian penting dalam penulisan karya ilmiah. Namun, masih banyak guru-guru yang belum sepenuhnya memahami dan mampu mengoptimalkan penggunaan aplikasi Mendeley. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan dalam mengorganisir referensi dan menyusun daftar pustaka yang sesuai dengan format yang berlaku.

“Melalui pelatihan ini, peserta diberikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola referensi menggunakan aplikasi Mendeley, mencatat kutipan, serta menyusun daftar pustaka dengan efisien,” kata Naela Khusna Faela Shufa, M.Pd, pemateri Workshop Penyusunan PTK/PTS Kurikulum Merdeka 2023 di Ruang Seminar Universitas Safin Pati, Sabtu (26/8/2023).

Ia menjelaskan tujuan dari pelatihan ini yaitu untuk peningkatan kemampuan peserta dalam mengorganisir referensi, menghemat waktu dalam penyusunan daftar pustaka, serta meningkatkan literasi digital.

“Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan kualitas penelitian dan penulisan karya ilmiah,”jelas dosen Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) USP itu.

Lebih lanjut, menurut Naela ada dua aspek yang menjadi fokus capain dari pelatihan yang diikuti guru ASN dan kepala sekolah di Kabupaten Pati. Yaitu aspek pengetahuan guru dalam menggunakan dan aspek keterampilan yaitu kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi Mendelay.

“Untuk pemanfaatan aplikasi Mendeley menggunakan beberapa metode pelatihan di antaranya ceramah, diskusi, dan praktik,” ungkapnya.


Dijelaskannya, kegiatan pertama yaitu memperkenalkan aplikasi mendeley, lalu menginstal aplikasi mendeley di laptop masing-masing peserta.Mengumpulkan referensi di aplikasi Mendeley untuk dapat digunakan dalam penulisan karya ilmiah dan terakhir menerapkan aplikasi Mendeley dalam penulisan karya ilmiah.

“Output atau luaran dari kegiatan ini agar guru-guru dapat menggunakan aplikasi Mendeley dengan baik dan benar sehingga dapat menunjang kegiatan menulis karya ilmiah. Dengan keterampilan tersebut guru akan mudah mencari literasi dan memudahkan dalam menulis daftar pustaka secara otomatis,” tukasnya.

“Selain itu guru-guru juga diberikan materi cara membuat daftar isi otomatis,” pungkas Naela.

Sementara pemateri lain, Wiji, S.Pd, M.Pd owner Yayasan Bakti Acarya Pertiwi menyampaikan soal menyusun dan mempersiapkan lampiran pada laporan penyusunan PTK/PTS. (Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *