May 29, 2024

Human resources and self-development. Modern business - vector illustration

Di era modern seperti sekarang ini, lulusan program studi teknik informatika memiliki banyak prospek kerja yang menanti.

Bagaimana tidak? Kemajuan teknologi membuat skill dan pengetahuan yang para lulusan IT ini miliki sangat dibutuhkan oleh berbagai industri.

Hasilnya, kandidat yang memegang gelar dari prodi teknik informatika sangatlah diperlukan, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Memangnya, lulusan teknik informatika itu kerja apa saja, sih? Simak 25 contoh terbaiknya dalam rangkuman Glints berikut ini.

1. Software engineer

© Pexels.com

Melansir Field Engineer, prospek kerja favorit lulusan teknik informatika tentu saja adalah sebagai seorang software engineer.

Bahkan, menurut Transparant Career, pekerjaan software engineer diprediksi akan mengalami perkembangan hingga 17% selama 10 tahun ke depan.

Pekerjaan ini mengaplikasikan prinsip-prinsip pengelolaan dan optimalisasi software.

Hal ituseperti analisis teknik informatika dan matematika dalam desain, developmentmaintenance, hingga testing software komputer atau device lain.

Jenis-jenis software yang dibuat oleh seorang software engineer bermacam-macam, seperti sistem operasi dan network distribution, serta software untuk compiler yang mengonversi program untuk eksekusi pada komputer.

 2. IT consultant

IT consultant adalah salah satu peluang karier bagi lulusan teknik informatika. Profesi ini bertugas untuk menerapkan strategi teknologi informasi dalam perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi di sebuah perusahaan.

Secara spesifik, IT consultant merupakan spesialis yang berfokus dalam proses integrasi teknologi informasi dalam bisnis.

Mereka diwajibkan untuk memberi saran pada klien terkait penggunaan teknologi informasi secara efisien untuk mencapai tujuan perusahaan.

Meskipun terkesan menarik, pekerjaan satu ini cukup menantang. Seorang IT consultant harus memiliki kemampuan analisis yang kuat untuk memahami masalah klien dan membuat solusi yang efektif.

3. Web developer

Berikutnya, prospek kerja yang dapat dinantikan oleh mahasiswa informatika adalah sebagai seorang web developer, sebagaimana diungkapkan oleh Prospects UK.

Bagi kamu yang belum tahu, web developer adalah para pakar yang memiliki spesialisasi dalam bidang pengembangan aplikasi world wide web, atau aplikasi yang dibangun pada HTTP dari sebuah web server.

Lulusan teknik informatika dapat bekerja sebagai web developer secara penuh waktu atau paruh waktu dalam beberapa jenis organisasi, termasuk korporasi dan pemerintah atau sebagai freelancer.

Pengetahuan yang harus diketahui oleh web developer antara lain adalah HMTL/XHMTL, CSS, JavaScript.

Selain itu, mereka juga harus menguasai server/client side architecture, programming dalam framework seperti Perl, Python, Ruby, PHP, Go, dan Java.

4. Mobile application developer

Satu lagi prospek kerja di bidang teknik informatika adalah sebagai seorang mobile application developer.

Mobile application developer bertugas untuk membuat, menguji, dan memprogram aplikasi khusus untuk smartphone di berbagai sistem operasi seperti iOS, Android, dan Windows Phone.

Maka dari itu, pekerjaan satu ini juga memayungi profesi seperti android developer dan iOS developer.

Jika ingin menjadi mobile application developer, lulusan teknik informatika harus mempelajari bahasa pemrograman dan software development environment untuk platform yang mereka pilih.

Pasalnya, saat ini, banyak mobile platform yang memiliki bahasa intinya masing-masing, seperti Java untuk Android, Objective-C untuk iOS, dan C# untuk Windows Phone.

5. Game developer

Bagi lulusan teknik informatika yang gemar bermain game, karier sebagai game developer dapat menjadi pilihan yang baik.

Game developer sendiri secara keseluruhan bekerja untuk mendesain dan membuat video game untuk komputer dan berbagai konsol, mulai dari konsep hingga eksekusi.

Adapun tugas-tugas yang dikerjakan oleh game developer meliputi:

  • pembuatan storyline dan biografi karakter
  • melaksanakan design review
  • mendesain role-play mechanics
  • membuat prototipe yang dibuat untuk staf dan manajemen Perusahaan
  • mendokumentasikan proses desain sebuah video game

Kamu yang berkuliah di teknik informatika, sebaiknya menguasai bahasa-bahasa pemrograman utama seperti C++, Visual Basic, Java, dan MEL yang sering digunakan untuk keperluan game development.

6. System analyst

Prospek kerja berikutnya yang dapat digarap oleh lulusan teknik informatika adalah sebagai seorang system analyst.

System analyst sendiri merupakan seseorang yang menggunakan sistem khusus untuk mendesain solusi dalam arsitektur teknologi informasi.

Mereka diwajibkan untuk memodifikasi dan mengoptimalkan sistem yang ada sambil mengintegrasi fitur-fitur agar lebih efisien dan produktif.

Menurut Computer Sciencesystem analyst akan terjun dalam proyek-proyek yang mengharuskannya untuk memeriksa model bisnis dan menganalisis kebutuhan sistem tersebut.

Setelah itu seorang system analyst melakukan pengembangan produk dan mengimplementasikan, mengatur, dan menguji solusinya dalam sistem.

7. Data scientist

Prospek kerja yang cukup populer saat ini di kalangan lulusan teknik informatika adalah sebagai seorang data scientist.

Mereka bertugas untuk mengubah data mentah menjadi informasi yang berharga menggunakan algoritma dan machine learning.

Data-data tersebut nantinya akan digunakan pihak manajemen untuk keperluan perencanaan strategi bisnis dan evaluasi ulang produk.

Dikarenakan tingkat demand-nya yang tinggi, data scientist dibutuhkan dalam berbagai sektor industri, seperti keuangan, pendidikan, riset ilmiah, ritel, teknologi informasi, dan e-commerce.

8. Android developer

Pekerjaan selanjutnya yang dapat menjadi prospek kerja lulusan teknik informatika adalah Android developer.

Sesuai namanya, Android developer bertugas untuk membuat dan merancang aplikasi agar dapat digunakan pada perangkat berbasis Android.

Maka dari itu, mereka harus menguasai sejumlah bahasa pemrograman yang relevan dengan keperluan Android, seperti Java dan Kotlin.

Nah, melihat kemajuan operating system tersebut, profesi satu ini sedang dibutuhkan oleh banyak perusahaan yang memiliki aplikasi, lho.

9. iOS developer

Profesi iOS developer juga menjadi prospek kerja yang menunggu mahasiswa teknik informatika setelah mereka nanti lulus.

Seperti Android developer, iOS developer bertugas untuk menciptakan aplikasi yang mampu untuk digunakan perangkat iOS.

Hasilnya, mereka harus memahami iOS environment dan menguasai bahasa pemrograman seperti Swift atau objective-C.

10. Cyber security analyst

Jika orang awam bertanya jurusan teknik informatika kerja apa? Salah satu jawaban paling baik yang bisa diberikan adalah cyber security analyst.

Profesi satu ini sedang menjadi tren. Sebab, banyak aplikasi dan software baru yang memiliki masalah keamanan dalam sistemnya.

Cyber security analyst diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan sistem keamanan yang kebal dari data breach atau bug yang tak diinginkan.

11. SEO specialist

Prospek kerja berikutnya yang dapat dijajal oleh lulusan studi teknik informatika adalah sebagai SEO specialist.

Menurut Best College Reviews, profesi ini cocok untuk alumni teknik informatika yang gemar dengan dunia marketing dan penulisan.

Mereka bertugas untuk membuat website lebih ramah terhadap search engine supaya bisa ditemukan dengan mudah oleh para audiens.

Untuk keperluan sehari-hari, SEO specialist wajib menguasai tools seperti i Google Search Console, Google Analytics, MOZ, SEMRUSH, dan masih banyak lagi.

12. Database administrator

Database administrator merupakan prospek kerja lainnya yang sering dipilih oleh lulusan teknik informatika.

Tugas mereka meliputi proses rancangan desain database, melakukan pemeliharaan, dan perbaikan suatu basis data.

Pekerjaan satu ini juga sedang menjadi tren di dunia kerja. Sebab, hampir setiap perusahaan pasti memiliki database untuk menyimpan data-data penting.

13. Cloud architect

Cloud architect menjadi prospek kerja lulusan teknik informatika yang digadang-gadang akan mengalami pertumbuhan.

Hal ini berlaku karena penyimpanan data kini mulai beralih ke sistem cloud dan bukan lagi pada perangkat hardware.

Tugas dari cloud architect sendiri adalah mendesain aplikasi berbasis cloud, melakukan manajemen cloud, dan monitoring data yang tersimpan di dalamnya.

Selain itu, mereka juga harus mempunyai pengetahuan mengenai sistem operasi seperti Linux dan Windows serta menguasai jaringan TCP/IP, HTTP, hingga DNS.

14. Software tester

Software tester merupakan prospek kerja jurusan teknik informatika yang belum banyak diketahui orang.

Mereka yang memiliki pekerjaan ini berperan untuk menguji dan mengevaluasi kinerja software yang sudah diciptakan para developer.

Software tersebut akan diuji baik dari segi functional testing, unit testing, UI testing, dan masih banyak lagi.

15. Network engineer

Menurut Indeed, prospek kerja yang menunggu lulusan teknik informatika adalah network engineer.

Pilihan karier ini akan selalu dibutuhkan. Sebab, infrastruktur jaringan sudah pasti diperlukan jika perusahaan ingin membangun platform komunikasi untuk para user.

Tugas dari seorang network engineer sendiri adalah merencanakan, merancang desain, mengelola, dan menyelesaikan semua permasalahan dalam jaringan.

16. Full stack developer

Bagi lulusan teknik informatika yang gemar dengan dunia development, prospek kerja yang bisa mereka jadi opsi adalah sebagai full stack developer.

Di sini, mereka berperan untuk mengembangkan sisi pekerjaan dalam aplikasi atau software, termasuk database, server, sistem engineering, maupun permintaan lainnya dari klien.

Untuk menjadi seorang full stack developer kamu harus menguasai konsep dari teknologi terkini. Pasalnya, kamu akan bertugas untuk mengembangkan sisi front end dan back end.

17. Front end developer

Menurut Prospects UKfront end developer merupakan prospek kerja yang kerap menjadi incaran mahasiswa teknik informatika.

Mereka bertugas untuk mengelola bagian pemrograman yang dapat dilihat secara langsung oleh pengguna dalam aplikasi.

Untuk menjadi seorang front end developer, kamu harus menguasai HTML, CSS, dan bahasa pemrograman JavaScript.

HTML sendiri digunakan sebagai kerangka dari suatu website. CSS biasanya dimanfaatkan untuk memperindah tampilan dalam situs. Sementara, JavaScript digunakan untuk memperkuat fungsi tiap elemen dalam website.

18. Back end developer

Back end developer juga menjadi prospek kerja yang sering dijadikan prioritas oleh lulusan teknik informatika.

Mereka sejatinya adalah para programmer yang bertugas untuk mengelola dan merancang sistem yang berada di belakang layar sistem aplikasi.

Untuk memiliki pekerjaan ini, ada banyak bahasa pemrograman yang harus dikuasai, seperti Java, PHP, Ruby, Python, JavaScript (Node.js).

Back end developer sendiri akan menangani keperluan data dari website seperti server dan database sambil merancang sistem serta API.

19. Computer forensic investigator

Meskipun belum banyak ditemukan, computer forensic investigator merupakan salah satu prospek kerja teknik informatika yang paling menarik.

Mereka secara khusus bekerja pada suatu perusahaan atau organisasi pemerintahana secara privat.

Computer forensic investigator juga dapat ditemukan bekerja di lembaga dan badan penegakan hukum, seperti kepolisian.

Tugas utama mereka adalah menemukan bukti legal atau pelanggaran hukum di dalam media penyimpanan atau perangkat hardware lainnya.

20. Web administrator

Menurut laman Indeedweb administrator merupakan prospek kerja teknik informatika yang juga banyak diperlukan oleh bisnis.

Tugas mereka adalah menyediakan host web untuk organisasi, memberikan akses untuk pengguna tertentu, dan  membuat server email.

Pada perusahaan yang lebih besar, web administrator juga ditugaskan untuk membantu pengguna memahami fungsi dasar sistem yang mereka gunakan.

21. UX researcher

UX researcher ternyata bisa menjadi prospek kerja untuk lulusan teknik informatika yang gemar dengan dunia riset.

Di sini, mereka berperan untuk menjalankan riset dan menemukan solusi yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dalam aplikasi.

Mereka juga perlu mencari bentuk dan fitur dalam produk yang relevan dengan kebutuhan di pasar.

22. Web designer

Tak hanya untuk lulusan studi desain grafis, web designer juga menjadi prospek kerja alumni studi teknik informatika.

Sesuai namanya, mereka berperan untuk merancang tampilan UI dan fitur-fitur di dalam sebuah situs web.

Meskipun terkesan simpel, mereka harus bisa menciptakan desain modern yang tampak ramah dan mudah untuk dimanfaatkan para pengguna.

23. Applications engineer

Profesi apa lagi yang dapat dikerjakan oleh lulusan teknik informatika? Menurut Prospects UK, jawabannya adalah applications engineer.

Seorang applications engineer adalah penghubung antara para developer dan pelanggan.

Mereka meninjau data penjualan dan membantu dalam produksi software yang kompleks.

Mereka juga mempresentasikan temuan para developer kepada publik dan menyaring feedback tentang perubahan yang perlu dilakukan dalam apikasi.

24. Penetration tester

Ada lagi peluang kerja lulusan IT yang bisa jadi pilihan, yaitu penetration tester.

Mereka bertugas untuk melakukan pengujian resmi pada sistem komputer untuk mengungkap kelemahan keamanannya yang dapat dimanfaatkan oleh penjahat.

Kamu sendiri dapat memilih beberapa spesialisasi dalam pekerjaan ini, seperti:

  • Jaringan dan infrastruktur
  • Sistem operasi Windows, Linux, dan Mac
  • Embedded computer systems
  • Aplikasi web/seluler
  • Sistem kontrol SCADA (supervisory control and data acquisition)
  • Internet of Things (IoT)

25. IT auditor

Sebagai lulusan teknik informatika, salah satu prospek kerja yang juga bisa kamu jajal adalah menjadi seorang IT auditor.

IT auditor bertugas untuk memastikan kualitas dari database atau sistem informatika perusahaan.

Nah, apa saja kerja dari seorang IT auditor?

Seorang IT auditor bertanggung jawab untuk memeriksa secara berkelanjutan sekaligus menilai berbagai elemen dari sistem informasi perusahaan.

Hal ini dilakukan untuk mengembangkan dan menerapkan rencana uji audit.

Seorang IT auditor akan bekerja sama dengan manajer audit untuk menentukan solusi mana yang paling bagus untuk setiap sistem.

26. Data engineer

Masih belum yakin mau kerja apa setelah lulus dari teknik informatika? Kamu mungkin bisa mempertimbangkan menjadi data engineer

Tanggung jawab seorang data engineer adalah membangun sistem yang dapat mengumpulkan, mengelola, dan mengubah data mentah menjadi sebuah informasi berguna untuk business analyst.

Beberapa tugas seorang data engineer, antara lain:

menganalisis data mentah

mengembangkan dan mengelola kumpulan data

meningkatkan kualitas dan efisiensi data

27. Quality assurance engineer

Salah satu prospek kerja yang juga bisa dicoba saat kamu lulus dari jurusan IT adalah quality assurance engineer

Seorang quality assurance (QA) engineer bertugas memantau setiap tahap dari perkembangan desain dan software sesuai dengan standar perusahaan, termasuk sesuai timeline yang sudah ditentukan.

Sebab, tertundanya perkembangan software bisa membuat perusahaan mengeluarkan biaya lebih banyak.

Itu sebabnya, QA engineer harus memastikan semuanya berjalan tepat waktu dan sesuai budget yang telah ditentukan.

28. Machine learning engineer

Akhir-akhir ini, kecerdasan buatan, alias artificial intelligent (AI) memang tengah naik daun.

Nah, sebagai lulusan teknik informatika, machine learning engineer adalah salah satu pilihan pekerjaan yang bisa dicoba.

Machine learning engineer ini bertugas membangun sistem AI yang memanfaatkan sekumpulan data raksasa untuk menghasilkan dan mengembangkan sebuah algoritma yang bisa mempelajari kebiasaan user.

Nantinya, data itu bisa menghasilkan data baru yang bisa berguna untuk kepentingan perusahaan.

Dalam mendesain machine learning system, seorang machine learning engineer harus menilai, menganalisis dan mengelompokkan data, melakukan tes, serta mengoptimalkan learning process agar bisa menghasilkan model yang baik.

29. DevOps engineer

Masih belum menemukan peluang kerja apa yang cocok untuk lulusan teknik informatika? DevOps engineer mungkin bisa jadi salah satu kandidatnya.

Seorang DevOps engineer bertanggung jawab untuk memastikan seluruh infrastruktur teknik informatika dalam perusahaan berjalan dengan mulus.

Dalam menjalankan pekerjaannya, seorang DevOps engineer akan bekerja sama dengan developer untuk meluncurkan dan mengelola perubahan kode.

Seorang DevOps engineer harus memiliki pemahaman yang mendalam baik dari segi pengembangan ataupun sistem operasi, juga pengetahuan teknis yang mumpuni.

Nah, sekarang tak bingung lagi bukan prospek kerja apa saja yang tersedia untuk lulusan teknik informatika?

Intinya, alumni jurusan satu ini ditunggu-tunggu oleh banyak perusahaan. Keahlian dan pengetahuan mereka sangatlah dibutuhkan di era modern ini.

Yang perlu diingat adalah untuk terus menggeluti bidang tersebut dengan giat. Dijamin kamu akan sukses dalam pekerjaan jika melakukan hal tersebut.

(sumber : https://glints.com/id/lowongan/peluang-kerja-lulusan-teknik-informatika/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *