Fakultas Ilmu Komputer Universitas Safin Pati

PATI–Seminar Nasional mengusung tema “Pasar Modal Sebagai Wadah Investasi yang Halal, Mudah, dan Aman” di aula lantai 3 Universitas Safin Pati , pada Sabtu, (23/11/2023). Ratusan peserta dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum sangat antusias mengikuti pemaparan narasumber tentang pasar modal.


Seminar itu resmi dibuka oleh Rektor USP, Dr.Drs. Murtono, M.Pd. Acara dipandu oleh Aditya Angger Wicaksono, Kepala Progam Studi Manajeme Universitas Safin Pati. Pemateri yang dihadirkan pun sangat menguasai dunia investasi, yakni Akhmad Nuriyanto, Senior KP BEI Jawa Tengah, Muzaik Fitrian Furry dari Sales Equity PT RHB Sekuritas Indonesia, dan Dr. Drs. Sukirman, S.Pd, S.H, M.M, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis USP.


“BEI ini sebagai wadah mahasiswa belajar pasar modal sama saja untuk menggerakan roda perekonomian,” terang Rektor USP dalam sambutannya.


Selanjutnya, untuk menjawab keraguan akan keamanan berinvestasi di pasar modal, Akhmad Nuriyanto pun menjelaskan, bahwa bertransaksi di pasar modal halal dan legal.
“Melalui UU No. 21 Tahun 2011 itu sudah jelas bahwa OJK itu mempunyai tugas dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemerikasaan, penyidikan di sektor jasa keuangan, termasuk di pasar modal. Untuk memudahkan mengingatnya, ingat saja 3M, yakni mengatur, mengawasi, melindungi,” terangnya.


Muzaik Fitrian Furry pun menambahkan, bahwa kelegalan bertransaksi di pasar modal telah tertuang dalam fatwa MUI No. 20/40/80/134.


“Dari MUI sendiri sudah menyatakan halal. Jadi, tinggal bagaimana kita mengelolanya,” jelasnya.


Ia menjelaskan, bahwa kemudahan berinvestasi saat ini juga dibantu dengan adanya broker yang menjadi perantara bertransaksi pasar modal di Bursa Efek Indonesia (BEI). Seperti PT RHB Sekuritas Indonesia yang menjadi mitra BEI.


Hanya bermodalkan 100 ribu rupiah saja, semua kalangan masyarakat termasuk mahasiswa sudah dapat berinvestasi di perusahaan yang sudah go public.


“Bahkan sekarang kalian semua juga bisa investasi secara digital melalui HP atau laptop masing-masing. Karena kami menyediakan fitur aplikasi Profits Anywhere yang dapat diakses dimana saja,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *